Friday, September 4, 2015

Fan-Art Market

Kami menyediakan zona stand khusus “Fan Art Market”. Zona ini akan diisi oleh para seniman / artist yang akan memamerkan atau menjual karya-karyanya. Zona dini diadakan karena terinpirasi industri seperti di jepang (namanya: comiket). Tujuan adanya zona "doujin market" ini adalah menumbuhkan calon industri / bisnis kreatif lokal indonesia untuk masa depan.

KHCI mengundang dan mengajak semua pihak yang punya potensi dalam topik fanart, doujin, komik, manga, ilustrator dan seniman / artist untuk bergabung, melengkapi, sebagai komunitas lokal, untuk bersama-sama menggairahkan dan mengembangkan peluang dan potensi karya gambar original lokal dalam negeri.

Panitia penyelenggara menyediakan beberapa stand untuk kalangan Doujinka / Mangaka / Komikus / Illustrator / seniman yang ingin bergabung dengan event ini. Stand tersedia terbatas hanya 12 (duabelas) unit.

-------------------------------

TUJUAN & AKTIVITAS
  1. Membantu menyalurkan artist / seniman lokal untuk menciptakan bisnisnya.
  2. Promosi bakat dan potensi lokal kepada masyarakat luas, seperti yang sudah lama dilakukan negara lain.
  3. Memberikan wadah dan event kegiatan komunitas indie artist doujin & fan-art lokal indonesia.
  4. Produk yang diperbolehkan: Doujin, Manga, Komik, Fan-Art, Poster, Postcard, Mug, Clay, Statue, Pin, Keychain, Bookmark, dan sebagainya.
  5. Aktifitas: Exhibition, Workshop, Demo, Promotion, Selling, Tutorial, Service, Free stuffs, dan sebagainya.

-------------------------------

PERSYARATAN & KETENTUAN BERGABUNG
  1. Stand tersedia terbatas hanya 10 (sepuluh) unit.
  2. Biaya pendaftaran Rp. 200.000,- / per stand, via transfer.ke Rek. BCA no.rek. 282 111 7251 atas nama Tinny. Konfirmasi pembayaran via SMS / Whatsapp  ke no. 0856 202 1010.
  3. Peserta Stand FanArt diharapkan memberikan satu atau beberapa produknya kepada panitia / penyelenggara, guna untuk dokumentasi event atau memberikan merchandise kepada pengunjung event.
  4. Peserta wajib memberikan kepada panitia penyelenggara karya bertema “Chika” (maskot khci). Dapat berupa gambar, sketsa, editing, fan-art. Fan-Art diperbolehkan memberikan watermark artist, modifikasi karakter, profile, data menurut kreatifitasnya masing-masing. Karya yang diberikan akan menjadi milik panitia / penyelenggara. 
  5. Referensi gambar karakter Chika bisa di lihat di: SINI
  6. Karya-karya fanart chika yang sebelumya bisa lihat di: LINK1, LINK2, LINK3
  7. Peserta diharapkan setiap hari mempromosikan event maupun standnya, untuk mengundang kerabatnya untuk hadir dalam event.
  8. Peserta yang terdaftar dilarang menyewakan / mengalihkan kepesertaannya pada pihak lain.
  9. Booking lokasi stand berarti sudah menyerahkan formulir yang telah diisi dan telah ditandatangani.

-------------------------------

STAND
  1. Stand ukuran: 2m x 2m (Space only. Tanpa partisi), 1 meja, 2 kursi, fasilitas listrik standar (2Amp), Penambahan partisi & listrik dikenakan charge tambahan.
  2. ID Card: Maksimal 2 pcs (FREE PASS) per stand. Tidak ada penambahan ID Pass.
  3. Jadwal loading & dekorasi adalah H-1, Jumat, 6 November 2015, pk. 11.00 - 20.00 WIB. Pada saat masuk  barang, peserta tidak perlu surat loading. Namun pada saat event selesai / bongkaran / unloading, Panitia akan menerbitkan surat keluar barang.
  4. Jadwal unloading / bongkaran adalah hari Minggu, 8 November 2015, pk. 21.00 - 24.00 WIB.
  5. Mesti ada nama stand yang cukup besar dan terbaca dengan baik. Tidak boleh apa adanya, misalnya secarik kertas bekas lecek dengan tulisan spidol asal-asalan.
  6. Visualisasi stand diharapkan membuat pengunjung langsung mengerti bahwa ini adalah stand apa.
  7. Dekorasi dan perlengkapan disediakan sendiri oleh peserta. Peserta membuat dekorasi standnya yang menarik dan kreatif dan tidak asal jadi. Stand tidak boleh telihat kumuh dan berantakan atau asal jadi. Peserta diperbolehkan membawa sendiri etalase atau rak pajangnya.
  8. Setiap Peserta wajib menjaga kebersihan dan keamanan masing stand.
  9. Produk / Karya yang diperbolehkan antara lain: doujin, komik, fan-art, pin, poster, mug, dll. Produk / Karya yang dipamerkan / dijual harus berupa produksi sendiri (hand-made / home-made) dalam artian manual dalam jumlah terbatas. Dan bukan cetakan atau produksi massal dari sebuah perusahaan.
  10. Tidak ada batasan khusus untuk karya yang dipamerkan. Namun untuk child-safe wajib dicantumkan LABEL atau RATE secara jelas untuk kategorinya. Karena pengunjung juga banyak berasal dari segmen anak-anak.

-------------------------------

PENJUALAN PRODUK

  1. Tidak boleh menumpang (nebeng) dan ditumpangi penjualan produk lain dan semacamnya yang bukan buatan peserta bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk melindungi dan menghormati Peserta lain yang menyewa stand.
  2. Peserta tidak boleh melakukan apapun yang bisa diartikan penjualan di luar produk doujin, manga, comic, poster, fan-art dan semacamnya yang bukan buatan peserta bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk melindungi  dan menghormati Peserta lain yang telah membayar sewa stand.

-------------------------------

PROMOSI

  1. Peserta wajib mengundang dan mengajak teman & kerabatnya untuk hadir dan bergabung dalam event ini, khususnya mengenai Stand FAN ART / DOUJIN / CIRCLE ini. 
  2. Promosi mempromosikan event SETIAP HARI menggunakan caranya masing-masing. Baik menggunakan FB invitation, FB wallnya sendiri, Blackberry messenger, Deviantart circle, myspace, twitter, intagram, path, dan sebagainya. 

-------------------------------

AKTIFITAS SAAT EVENT

  1. Stand harus aktif diisi penuh selama 2 hari. 
  2. Peserta diharapkan mengadakan kegiatan service, workshop, demo, dll.
  3. Peserta diperbolehkan melakukan pameran, kegiatan, workshop, lomba, demo, gathering dan sebagainya, dengan ijin dan konfirmasi panitia penyelenggara sebelumnya). 
  4. Peserta diperbolehkan membuat & mengisi acara baik di stand-nya ataupun di PANGGUNG. Notes: bagi peserta yang ingin menggunakan panggung harap menghubungi panitia untuk berkoodinasi mengenai rundown / jadwal acara.
  5. Peserta wajib menghormati pengunjung dan pihak lainnya untuk tidak menggunakan komunikasi kasar / kotor / tidak sopan / menyindir / mengejek / bertengkar dalam bentuk apapun.
  6. Peserta dilarang  melakukan kegiatan bertentangan dengan hukum, seperti membawa atau menggunakan Narkoba, Membawa senjata tajam, senjata api, bahan peledak dan aksi kekerasan baik terhadap manusia maupun binatang pada saat event berlangsung. Termasuk menghimbau kepada para fans, komunitas atau dan kerabat lainnya.
  7. Peserta dilarang melakukan kreatifitas apapun yang terkesan negatif, abnormal, menghina, kampanye politik, perbuatan kriminal, memberi contoh yang tidak baik kepada anak-anak kecil, kejam terhadap binatang, dan lain-lain sejenisnya.
  8. Barang-barang berharga dan bernilai mohon diletakkan dan dijaga hati2 untuk mencegah kemungkinan hilang atau rusak baik sengaja ataupun tidak yang dilakukan oleh pengunjung yang melihat-lihat atau berniat mencuri. Panitia tidak bertanggungjawab jika terjadi kehilangan / kerusakan / keteledoran. 
  9. Tidak boleh membuang sampah sembarangan walaupun kekurangan tempat sampah. Wajib peduli kebersihan.

-------------------------------

PADA SAAT PULANG / TUTUP
  1. Peserta diharapkan tidak bongkaran sebelum pukul:  20:30 WIB baik pada hari Sabtu maupun Minggu.
  2. Pada saat tutup, para Peserta diharapkan menutup standnya dengan baik dan rapi, Peserta bisa menutup standnya dengan kain atau bahan terpal. 
  3. Barang-barang berharga harap dibawa pulang.
  4. Barang-barang berharga dan bernilai mohon dibawa pulang jangan ditinggalkan ataupun dititipkan di area pameran, baik kepada sesama stand, maupun kepada panitia.

-------------------------------

LAIN-LAIN
  1. Panitia / penyelenggara terbuka untuk ide / masukan / kerjasama lain yang masih berhubungan dengan tujuan mengembangkan komunitas dan event.
  2. Dalam keadaan Force Majeure, maka semua pihak tidak berhak menuntut ganti rugi dalam bentuk apapun juga pada Panitia / Penyelenggara.

-------------------------------

FORMULIR PENDAFTARAN
Bagi yang berminat, silakan copy-paste isi data-data dibawah ini dan kirimkan ke: khcionline1@gmail.com

Subject: STAND FAN-ART - HOBBYX
  • Nama Stand / Circle : _________
  • Nama Pendaftar (sesuai KTP): __________
  • Alamat FB / Website : __________
  • Perkiraan jumlah fans: __________
  • Kota domisili: __________
  • Nama Contact Person: ________ Jabatan: __________ no. HP: __________ email: __________
  • Email untuk contact: __________
  • Tujuan bergabung : __________
  • Kegiatan yang akan dilakukan dalam event: Demo / workshop / free stuff / free service / jualan / _______
  • Jenis produk dalam standbooth: __________
  • Apakah akan berjualan dalam standbooth? YA/TIDAK, Jika Ya, sebutkan, produk apa:__________
  • Memberikan produk pada panitia? YA/TIDAK, Kalau YA, Produk yang akan diberikan pada panitia:__________
  • Memberikan karya bertema Chika? YA/TIDAK, Kalau YA, produk yang akan diberikan pada panitia dalam karya :(Poster / Foto / Statue / ______)
  • Free Tiket yang diminta, maksimal 2 orang: (cantumkan nama dan posisi/jabatan) (Metode yang akan dipakai adalah model absensi nama dengan memperlihatkan KTP)
  • _________
  • _________
  • Jumlah orang/anggota dalam stand: _________ orang
  • Bersedia mempromosikan event ini SETIAP HARI dan mengundang teman / kerabat? YA / TIDAK dengan cara : __________
  • Berapa orang  yang anda ajak secara langsung dan hadir dalam event ini? ____________
  • Setuju untuk tidak berjualan atau berpromosi produk yg tidak berhubungan dengan fan art / doujin buatan sendiri: YA / TIDAK.
  • Peserta hadir dan aktif pada kedua hari, baik hari Sabtu dan hari Minggu:YA/TIDAK
  • Catatan tambahan jika ada: _________________


LAMPIRKAN
  • Lampirkan contoh karya dalam bentuk foto.
  • Lampirkan profil, data, dokumentasi komunitas, foto/gambar, dll.
  • Lampirkan logo komunitas untuk dilampirkan pada media promosi kami.

-------------------------------

CATATAN
  • Biaya pendaftaran Rp. 200.000,- / per stand, via transfer.ke Rek. BCA no.rek. 282 111 7251 atas nama Tinny. Konfirmasi pembayaran via SMS / Whatsapp  ke no. 0856 202 1010.
  • Panitia Penyelenggara akan mempelajari data-data yang dikirim dan mempertimbangkan jumlah standbooth yang masih tersedia.
  • Bagi pendaftar yang disetujui, Panitia Penyelenggara akan mengirimkan jawaban via email atau telpon.
  • Untuk informasi lebih lanjut jika ada pertanyaan, bisa email ke: khcionline1@gmail.com